Cari Blog Ini

Rabu, 27 Februari 2019

Macam Macam Masalah pada kamera CCTV

Masalah pada kamera CCTV
Problem kamera CCTV sering kali menjadi kecemasan teknisi CCTV dan juga vendor, yakni saat mengamati hasil gambar dari kamera cctv di layar monitor yang tak pantas dengan keinginan. Hasil gambar CCTV silau, goyang dan bergaris adalah ciri khas dari problematika kamera CCTV. Sebab susahnya, seringkali untuk menyelesaikan persoalan CCTV, diterapkan metode coba-coba (trial and error). Penggunaan teknik trial and error ini bukan tanpa alasan, mengingat sumber gangguan tak dapat dikenal dengan pasti. Kita cuma dapat memperhatikan gejala yang terlihat pada hasil gambar, tanpa dapat memprediksi sebelumnya. 

Pada urain tulisan berikut kami akan sedikit berbagi informasi beberapa macam masalah yang biasa terjadi dalam pemasangan CCTV. 

5 Problem CCTV yang paling sering kali terjadi :

1. Gambar Silau (Whiting out)

Hasil CCTV silau biasanya terjadi ketika kamera CCTV mengamati benda yang memantulkan sinar. Simpel dalam persoalan ini ialah cahaya sang surya atau lampu yang jatuh di atas lantai ataupun dinding berwarna putih. Apabila juga di paving block di halaman, atap kendaraan beroda empat box dan ruangan dengan lampu TL yang menyebar rata misalnya factory outlet, sanggar foto, ruang QC di pabrik dan lainnya. Pada keadaan seperti ini, camera dengan F Berhenti rendah cenderung “gagal” dalam menangkal sinar kuat. Terkadang ketika camera ditundukkan ke bawah, gambar menjadi normal, tapi sayang obyek yang dicokok tak cocok dengan harapan client.

2. Gambar Pudar (Faint)

Hasil CCTV pudar ditandai dengan melemahnya warna di segala tepi dari obyek yang dicokok. Penyebab utama umumnya dari kabel yang panjang atau kwalitas kabel yang jelek serta power supply yang lemah (drop). Dapat juga dari sambungan connector yang kurang bagus (sekalipun hal ini jarang dituding sebagai penyebab utama).

3. Gambar Bergelombang (Waving)

Hasil CCTV goyang biasanya disebabkan oleh interferensi dari frekuensi rendah, contohnya frekuensi listrik 220V/50Hz dari PLN atau genset. Dapat juga disebabkan oleh unsur Ground Loop yang sering kali terjadi pada instalasi kabel coaxial yang panjang.

4. Gambar Bergaris

Hasil CCTV bergaris disebabkan oleh gangguan frekuensi tinggi seperti lokasi yang berdekatan dengan pemancar radio siaran, radio amatir dan CB (citizen band). Masing-masing gangguan mempunyai ciri khas. Apabila gangguannya terus menerus, karenanya dipastikan dari pemancar radio siaran, meskipun bila kadang-kadang tapi sering kali, karenanya gangguan hal yang demikian berasal dari komunikasi radio amatir atau CB.

5. Gambar Meteorit

Istilah meteorit merupakan istilah teknis CCTV. Gejalanya mirip seperti meteor atau komet yang “menghiasi” layar monitor. Penyebabnya ialah induksi dari motor-motor listrik seperti bor, generator, dinamo mesin dan semisalnya.
Sesudah tipe gangguan cctv dikenali dengan akurat, karenanya kita bisa mengawali troubleshooting kecil-kecilan. Seperti halnya pasukan yang akan terjun ke medan perang, ada bagusnya apabila kita menyiapkan seperangkat “senjata komplit” berupa perlengkapan pendukung

0 komentar:

Posting Komentar