Cari Blog Ini

Selasa, 08 Mei 2018

7 Cara Memperbaiki TV Paling Mudah (Gejala dan Cara Mengatasinya)

Cara Memperbaiki TV harus benar-benar anda ketahui agar dapat memperbaiki TV anda dengan mudah. TV Untuk sebagian orang, tv menjadi sebuah item penting perabotan yang harus ada di dalam rumah tangga. Hal ini bisa dilihat dari tingginya jumlah pengguna tv selama puluhan tahun belakangan ini. Berbanding lurus dengan fakta tersebut, beragam merek dan juga jenis tv bisa dengan mudah kita temukan di pasaran, mulai dari yang harganya terjangkau, sampai berbagai merek tv paling canggih dengan harga yang juga sangat tinggi.
1. Terdapat Flek atau Warna Pelangi pada Layar TV
Ini kasus yang kerap terjadi pada tv, baik itu tv yang generasi lama atau pun yang baru. Biasanya akan terdapat titik / flek pada layar tv, di mana hal ini bisa saja diakibatkan oleh berbagai hal, seperti: posisi tv kerap di gonta-ganti atau diputar ke berbagai arah yang berbeda, tv disimpan / diletakkan di atas sebuah media yang terbuat dari bahan logam, terdapat kerusakan pada solderan positor (PTC) dan membuat komponen tersebut tidak bisa bekerja dengan baik, terdapat magnet atau berbagai perangkat yang mengandung medan magnet pada sekitar area tv tersebut. Semua kondisi di atas tentu kerap terjadi tanpa kita sadari, sehingga bisa dikatakan kerusakan ini sebagian besar akibat kebiasaan yang kita miliki. 

  • Cara mengatasinya
Pada beberapa kasus yang tidak terlalu berat, masalah flek yang terdapat pada layar tv ini bisa diatasi dengan mudah dan cepat. Cukup lakukan pengaturan aotumatic degancing yang terdapat di dalam fitur tv, sehingga kondisi layar kembali jernih seperti sedia kala. Hal ini juga bisa diatasi dengan cara mematikan tv dengan cara yang berbeda dari biasanya, yakni dengan cara mencabut AC lord PTC dan membiarkannya hingga dalam kondisi yang dingin kembali. Jika sudah dingin, pasang kembali AC lord PTS seperti kondisi semula. Setelah langkah tersebut, biasanya flek akan hilang dan tidak terlihat menghiasi layar tv lagi.
2.Gambar pada Layar TV Tidak Buram Namun Bergaris-garis
  • Gejala Kerusakan
Hal yang kedua ini juga kerap terjadi pada TV dan menjadi salah satu kerusakan yang paling umum. Biasanya gambar akan tetap berwarna dan tidak buram, namun pada gambar timbul garis-garis yang membuat gambar tersebut menjadi tidak jelas. Hal seperti ini tentu akan sangat mengganggu acara menonton di rumah.
Pada umumnya, hal seperti ini akan terjadi akibat adanya kerusakan yang terjadi pada bagian power supply, di mana tegangan yang masuk terlalu besar dan melebihi kebutuhan TV itu sendiri.

  • Cara mengatasinya
Jika mengalami masalah di atas, jelas pengukuran tegangan pada elco harus segera dilakukan, sebab jika tegangan elco tidak sesuai, maka bisa dipastikan komponen tersebut tidak bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Pastikan tegangan riple tidak melebihi 10 vp-p, sebab jika melebihi angka tersebut, maka elco tidak bekerja dengan baik. Jika ternyata selama ini tegangan riple melebihi angka tersebut, maka penggantian elco adalah langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini, sebab besar kemungkinan elco telah rusak dan kering.
Inilah yang mengakibatkan timbulnya garis-garis pada TV, akibat raster semakin kecil dan tidak sesuai dengan kebutuhan. Segera atasi masalah ini dengan cepat, sehingga kerusakan TV tidak akan semakin parah. Ganti elco lama dengan yang baru dan sesuai dengan kebutuhan yang semestinya, agar TV bisa bekerja kembali dengan baik dan kualitas gambar lebih jernih dari sebelumnya.

0 komentar:

Posting Komentar